International Journal of Green Tourism Research and Applications (IJOGTRA) Kini Terakreditasi SINTA 4

Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali menangguk prestasi lumayan membanggakan di tahun 2021. Untuk menyebut beberapa terpenting di antaranya, keempat program studi yang ada, yakni Usaha Perjalanan Wisata; Perhotelan; Manajemen Bisnis Pariwisata; Perencanaan Pariwisata Program Magister Terapan, berhasil memeroleh predikat terakreditasi internasional AQAS meskipun masih ada sedikit proses lebih lanjut.             Di pengujung tahun, International Journal of Green Tourism Research and Applications (https://ojs.pnb.ac.id/index.php/IJOGTRA) yang dibesut oleh Ketut Tom Sutama dan dibantu Yuniastari dan Krisna Arta terlimpahkan sebuah kado manis: Terakreditasi SINTA (Science and Technology Index) peringkat 4.

Ketut Tom menuturkan, setelah ini, pihaknya segera berbenah lagi khususnya untuk aspek-aspek go international-nya dengan penggunaan sejumlah editor dan reviewer dari berbagai negara dan mengundang penulis-penulis mancanegara. Kekuatan dari jurnal ini adalah semangatnya dalam pendiskursusan green dalam semua gerak kepariwisataan. “Green” sendiri adalah kata yang sangat bertuah untuk Politeknik Negeri Bali karena menjadi paradigma kelembagaan pengembangan tri darma perguruan tinggi vokasi ini. Pilihan green unik untuk lembaga maupun untuk penamaan jurnal. “Anda boleh cek di Google, tak ada satu pun jurnal di seluruh dunia bernama green tourism”, ujarnya berpromosi.

            Sampai saat ini, di Politeknik Negeri Bali terdapat tiga jurnal berkualitas dengan brand pariwisata. Dua lainnya adalah International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events (IJASTE/Terakreditasi SINTA 3) dan Journal of Travel and Hospitality (JASTH/Terakreditasi SINTA 5). Harapannya ke depan (di tahun baru) adalah, semua jurnal ini segera mentas ke SINTA 2 sembari mengasah kekuatan menuju jurnal-jurnal internasional.

            Tentu internasionalisasi jurnal-jurnal kepariwisataan di atas senada dengan gerakan-gerakan internasionalisasi yang sedang digencarkan Politeknik Negeri Bali. Jurnal-jurnal ini sedang menata dirinya menuju posisi jurnal ter-SCOPUS. Kebetulan ketiga jurnal ini sudah memiliki bekal sitasi terkait, bahkan IJASTE sudah punya 10 sitasi. Di era pandemic Covid-19 yang belum selesai ini, mari berdoa agar para punggawa IJOGTRA, IJASTE, dan JASTH tetap terberkati sehat dalam perjuangannya menuju cita-cita internasionalnya… [m]

About the Author

Leave a Reply

*